Garis News Online | Masa lalu, Hari ini & Masa Depan

Untuk Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Purwakarta Resmikan PLIPMAS

peresmian pilmasPurwakarta, GARISNEWS - Bertempat di Bale Sawala Yudhistira, Kompleks Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jalan Gandanegara no. 25 Purwakarta. Pusat Layanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat (PLIPMAS) Pemerintah Kabupaten Purwakarta secara resmi dibuka oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi,SH, Selasa(28/5). Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerjasama Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan Bandung Trust Advisory Group (BTrust) yang didukung oleh Uni Eropa(EU).

Dalam acara peresmian, Dedi Mulyadi menyampaikan, bahwa PLIPMAS siap menerima dan menindaklanjuti permintaan informasi dan pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta. "Hal ini sesuai dengan visi Bupati Purwakarta “Purwakarta Istimewa” yang bertujuan untuk mengistimewakan warga Purwakarta melalui pelayanan publik yang lebih berkualitas," ujarnya.

Ditempat yang sama, juga dilakukan peresmian aplikasi sistem penanganan pengaduan dan permintaan informasi PLIPMAS yang beralamat di www.plipmas.purwakartakab.go.id. Aplikasi ini memiliki system database pengaduan masyarakat dan permintaan informasi melalui berbagai media seperti website www.plipmas.purwakartakab.go.id, SMS 085624300501, gempungan, atau langsung datang ke kantor PLIPMAS. Melalui website ini, masyarakat bisa mengecek status penanganan pengaduan atau permintaan informasi yang sudah disampaikan.

Dalam sambutannya, Direktur Senior BTrust Ir.Siswanda menyatakan bahwa PLIPMAS Kabupaten Purwakarta adalah Pilot Program pertama B-Trust dalam mendampingi pemerintah daerah membangun sistem pengaduan publik. "Kami berharap PLIPMAS bisa menjadi benchmark bagi pemerintah daerah lainnya bahkan pemerintah pusat dalam memperlakukan masyarakatnya sebagai fokus utama pelayanan publik," ungkapnya.

Sementara itu, Project Officer Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia Novianty Manurung mengatakan bahwa Uni Eropa mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk membentuk PLIPMAS sejalan dengan amanah Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 dan dalam rangka mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih sebagai cerminan demokrasi di Indonesia. "Dengan layanan informasi publik selama 24 jam secara online, diharapkan jarak dan waktu tidak lagi menjadi halangan yang berarti dalam memenuhi hak masyarakat atas informasi publik," ujarnya sisela-sela acara.(GN-006)




 
FacebookTwitterRSS Feed
Jumat, 18 April 2014
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini352
mod_vvisit_counterKemarin1264
mod_vvisit_counterMinggu ini3459
mod_vvisit_counterBulan ini10548
mod_vvisit_counterSemuanya395192

We have: 5 guests online