Garis News Online | Masa lalu, Hari ini & Masa Depan

Jumlah Penduduk Karawang Setiap Tahun Meningkat

Karawang, GARISNEWS - Sekitar 10 persen penduduk Karawang mengalami penambahan setiap tahun. Hal tersebut terlihat dari jumlah penduduk Kabupaten Karawang yang meningkat di tahun 2013 menjadi sekitar 2.582.113 jiwa berdasarkan data agregat dari Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.

"Penambahan penduduk di Karawang sekitar 200 an setiap tahunnya," ujar Kasi Pendaftaran dan Mutasi Penduduk Disdukcapil Rudi Purbaya pada saat ditemui dikantornya, Jalan Surotokunto, Kabupaten Karawang, kemarin.

Dijelaskan, berdasarkan data, penduduk Karawang yang telah terdaftar didominasi oleh kaum laki-laki mencapai sekitar 1.307.939 penduduk dan 1.274.170 kaum perempuan. "Pertambahan penduduk ini tak bisa dipungkiri mengingat Karawang merupakan kawasan Industri, sehingga banyak pendatang juga yang datang ke karawang," katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, angka yang paling tinggi dalam pertambahan tersebut terdapat pada angka kelahiran yang tinggi. "Di Karawang sendiri yang paling tinggi itu angka kelahiran, kalo mutasi itu fleksible karena setiap tahunnya ada yang datang dan pergi jadi tidak bisa diprediksi," sebutnya.

Sementara pertambahan penduduk terbanyak terdapat di daerah Karawang Barat, Klari, Teluk Jambe Timur. "Daerah tersebut sangat diminati para pendatang karena di Karawang sendiri daerah itu merupakan jantung Kota," katanya.

Disamping itu, Saepul Muhtadin Kasi Pelayanan Akta Kelahiran dan Kematian mengatakan, pada tahun 2012 telah tercatat 31.442 akta kelahiran bayi dari Januari hingga November. "Memang angka kelahiran di Kabupaten Karawang ini dinilai cukup tinggi, dan data itu pun belum semua karena ada beberapa keterlambatan dari penduduk yang belum mendaftarkan bayinya, karena kami tidak dapat menyisir keseluruhan karena kecamatan di Kabupaten Karawang ini sangat luas sekali," ungkapnya.

Diakuinya, pada tahun 2013 angka keterlambatan akta kelahiran membengkak. Untuk itu, pihaknya akan  memberlakukan sidang pengadilan bagi yang terlambat mengurus pendataan kelahiran. “Artinya, setelah adanya sosialisasi yang kami lakukan kami memberikan waktu terhadap masyarakat sekitar 30 hari untuk segera mendaftarkan kelahiran bayinya," aku Saeful.(GN-005)

 
FacebookTwitterRSS Feed
Selasa, 2 September 2014
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini113
mod_vvisit_counterKemarin576
mod_vvisit_counterMinggu ini1798
mod_vvisit_counterBulan ini689
mod_vvisit_counterSemuanya471187

We have: 5 guests online