Garis News Online | Masa lalu, Hari ini & Masa Depan

Karena Pailit, Karyawan PT Taroko Jatiluhur di PHK

Karyawan TarokoPurwakarta, GARISNEWS – Sebanyak 119 karyawan PT Indonesia Taroko Tex Jatiluhur Kabupaten Purwakarta menolak pemutusan hubungan kerja (PHK). Mereka menganggap PT Taroko melakukan PHK secara sepihak, tanpa mengacup pada aturan yang tertuang dalam perjanjian kerja bersama (PKB) antara pihak perusahaan dengan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan garisnews.com, ratusan karyawan PT Taroko mendapat pemanggilan secara perorangan. Pemanggilan dilakukan oleh manajemen perusahaan yang diwakilkan pada Erwin Siregar dan Dina Lara. Hadir pula dari pihak SPSI yaitu Koko Wijanarko selaku Ketua SPSI dan Hendradi Utomo seorang pengurus SPSI.

Saat dipanggil oleh pihak perusahaan dan SPSI, para karyawan disodorkan blangko PHK untuk ditandatangani. “Pada 24 Desember 2012 ada edaran mengenai kondisi perusahaan yang sedang Pailit. Perusahaan akan mengurangi karyawan. Seharusnya dibicarakan dulu dengan karyawan melalui SPSI. SPSI baru menyampaikannya ke karyawan,” kata seorang karyawan di perusahaan itu, Jumat (28/12).

Tahap pertama, PT Taroko yang didominasi karyawan kaum wanita itu telah mem-PHK-kan sebanyak 150 orang dari 761 karyawan tetap. Para karyawan itu rata-rata telah bekerja selama 5 tahun hingga 20 tahun. Mereka merupakan karyawan di Depertemen Weaving, Dying, Engenering dan umum.

“Saya sudah menolak tandatangan PHK. Karena perusahaan menawarkan pembayaran PMTK berdasarkan hitungan UMK 2012. Untuk karyawan yag mempunyai masa kerja 5 tahun keatas dicicil dan pekerja yang mempunyai masa kerja mulai 5 tahun ke bawah dibayar cash,” ujar Junaidi, seorang karyawan. (GN-008)

 
FacebookTwitterRSS Feed
Selasa, 30 September 2014
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini317
mod_vvisit_counterKemarin534
mod_vvisit_counterMinggu ini1533
mod_vvisit_counterBulan ini18226
mod_vvisit_counterSemuanya488724

We have: 7 guests online