Garis News Online | Masa lalu, Hari ini & Masa Depan

KPUD Purwakarta Buka Pengaduan Rekam Jejak Caleg

deniPurwakarta, GARISNEWS- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Purwakarta membuka peluang kepada masyarakat luas untuk melaporkan para calon legislator dalam daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) yang diketahui bermasalah mulai Jumat, 14 Juni 2013, “Tahapan uji publik telah kita buka mulai tanggal 14 Juni 2013 ini selama 14 hari ke depan, KPUD akan memberikan hardfile dan soft file nya kepada masing-masing Partai Politik yang mempunya calon yang akan maju pada Pileg nanti,”ujar Ketua KPUD Purwakarta Deni Ahmad Haidar saat dihubungi garisnews.com Jumat (22/06) siang.

 

Komisi Pemilihan Umum telah merilis daftar calon anggota legislatif sementara hasil verifikasi administrasi yang dilakukan sejak Mei lalu. Para caleg dalam daftar inilah yang nantinya ditetapkan ke dalam daftar calon anggota legislatif tetap (DCT) yang tidak bisa diotak-atik lagi. “Masyarakat dapat menyampaikan segala bentuk data kepada KPUD untuk  pengaduan dalam bentuk apapun terkait para Caleg yang akan maju nanti baik melalui surat, Fax maupun Email. Dan tentu saja disertai data yang valid dan menyertakan data lengkap dari masyarakat seperti poto copi KTP,” tambahnya.

 

Ada beberapa hal yang menurutnya bisa dicermati masyarakat dari para caleg ini. "Misalnya ada orang yang kenal salah satu caleg dulunya tidak sekolah, tapi sekarang ternyata si caleg ini mendaftar. Itu kan harus diungkapkan, bahwa ada kemungkinan si caleg tersebut pakai ijazah palsu," ujarnya.




Laporan masyarakat ini akan diklarifikasi oleh KPUD ke partai politik pengusung caleg. Jika terbukti ada caleg yang memalsukan datanya, maka dia bisa dicoret dari daftar sementara dan gagal bertarung di pemilu tahun depan.



Rekam Jejak atau Uji Publik merupakan tahapan yang juga harus dilalui pada Pileg untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar memberikan masukan kepada KPUD terkait para Bacaleg yang akan maju dari masing-masing Dapil.

 

Masyarakat dapat menyampaikan pengauduannya selama 14 hari kedepan melalui surat ke KPUD Purwakarta Jalan Flamboyan No 60 dengan nomor Fax (0264) 218017 atau klik  ke kpud-purwakartakab.go.id.

Menanggapi hal itu Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Purwakarta Sarip Hidayat mengatakan, Dirinya sangat mendukung tahapan Rekam Jejak atau Uji Publik tersebut. Hal itu menurut dia untuk lebih mengetahui apakah calon tersebut layak atau tidak sebelum memasuki tahapan DCT dan akan menyerahkan secara langsung dan dibahas ditingkat Partai. “Namun terkait nanti adanya pengaduan masyarakat terhadap para Caleg dari Partai Golkar yang dianggap tidak layak untuk maju dengan data yang ada, maka hal itu akan kita sampaikan juga dengan klarifikasi yang benar terhadap KPUD dan masyarakat,” tegasnya. (GN-008)

 
FacebookTwitterRSS Feed
Sabtu, 26 Juli 2014
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini176
mod_vvisit_counterKemarin421
mod_vvisit_counterMinggu ini3005
mod_vvisit_counterBulan ini13642
mod_vvisit_counterSemuanya447885

We have: 14 guests online